15 wisata Jogja terhits & populer tahun 2020


Kemanaliburan.com melakukan penelusuran terhadap tempat wisata jogja yang terhits di awal tahun 2020 ini dan mengurutkan nya dari yang paling populer. Beberapa objek wisata jogja ini bisa dibilang wisata jogja yang wajib dikunjungi. Beberapa bisa dinikmati sebagai wisata jogja malam hari. Beberapa objek wisata jogja tidak memerlukan biaya yang menguras kantong, alias wisata murah bahkan gratis. Berikut daftar lengkap wisata Jogja populer awal 2020 yang bisa menjadi inspirasi wisata saat berkunjung ke kota Jogjakarta. Dan juga harga tiket masuk tiap objek wisata yang bisa jadi panduan sebelum berkunjung.





Candi Borobudur





Candi Borobudur
Candi Borobudur
Twitter @Shellyeva7




Urutan pertama tujuan wisata terhits & paling populer adalah Candi Borobudur. Bisa dibilang wisata ini adalah paling wisata paling hits dan mungkin wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Borobudur adalah peninggalan yang paling menarik dari bekas dominasi Buddha di Jawa. Saat ini ia bertahan sebagai stupa Budha terbesar di dunia. Sebagai pusat pemujaan Buddha tantra Vajrayana, Borobudur muncul di sebuah situs yang sebelumnya digunakan sebagai kuil Hindu.




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]


Vajrayana adalah bentuk agama Buddha dengan praktik yang mengklaim mempercepat proses mencapai pencerahan. Ini paling sering dikaitkan dengan Buddhisme Tibet, meskipun berasal dari India dan menyebar ke sebagian besar negara-negara utama Buddha. Kemudian menyebar ke Asia Tenggara dan ke Indonesia pada abad kedelapan. Di Jawa masa itu dikaitkan dengan dinasti Sailendra yang kuat. Beberapa Sailendra yang memerintah pada akhir abad ke delapan dan awal kesembilan memperluas kompleks Borobudur, yang menjadi pusat agama di pulau itu. Namun, pada akhir abad kesembilan, markas besar kerajaan Sailendra bergeser dari Jawa Tengah, dan hegemoni keagamaan di daerah itu kembali ke Hindu. Kemudian pada tahun 1006, Jawa diguncang gempa besar dan letusan Gunung Merapi yang menyertainya. Abu dari gunung berapi menutupi situs tersebut. Kemudian ditinggalkankan dan akhirnya hilang sejalan pertumbuhan kembali hutan.


Borobudur tetap hilang dari dunia selama 800 tahun ke depan. Sir Thomas Stanford Raffles menemukan kembali Borobudur pada tahun 1814. Dia memimpin pembukaan asli situs dan survei awal. Satu abad kemudian upaya restorasi besar-besaran dimulai, diikuti oleh upaya yang lebih baru pada 1980-an oleh UNESCO. Perhatian arkeologis telah menyebabkan situs tersebut direklamasi dari hutan.


Gundukan, yang memegang kuil di atas lantai hutan, memiliki sekitar 50.000 kaki kubik batu. Basis candi sekitar 500 kaki di setiap sisi. Di atas pangkalan ada delapan teras, masing-masing rumah bagi sejumlah stupa yang relatif kecil, peringatan untuk individu yang tercerahkan (atau buddha), dan banyak patung Buddha. Seorang peziarah naik ke kuil di sepanjang jalur spiral yang menampilkan gambar-gambar pemandangan dari kitab suci Buddhis utama yang menggambarkan jalan menuju nirwana. Mereka mengarah ke teras pusat di mana meletakkan stupa besar yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil. Stupa pusat setinggi 105 kaki.


Dalam bentuk keseluruhannya, Borobudur adalah gambar kosmos yang mirip dengan gambar di somemandalas. Bentuknya sangat mirip dengan Gunung Meru, rumah para dewa Buddha. Pembagiannya menjadi tiga tingkat dasar — ​​dasar, teras, dan stupa sentral raksasa — mewakili tiga divisi alam semesta dalam kosmologi Buddhis: tingkat keterikatan duniawi, teras di mana seseorang berpisah dari dunia dan memurnikan hasrat, dan tingkat kekosongan dan ketidakberadaan tertinggi. Stupa pusat raksasa memiliki dua ruang kosong di mana seorang peziarah dapat masuk untuk mengalami ketiadaan nirwana.
Hari ini, ia berada di tengah mayoritas Muslim, dan hanya beberapa peziarah Buddha bergabung dengan wisatawan yang mengunjungi situs tersebut setiap tahun.


[/bg_collapse]




Untuk menikmati objek wisata Borobudur ini, harga Tiket masuk nya Rp 50.000 / orang (WNI)





Sumber: encyclopedia2.thefreedictionary.com





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Candi Prambanan





Candi Prambanan
Candi Prambanan




Urutan tujuan wisata jogja terhits & populer berikutnya adalah Candi Prambanan. Mungkin bagi banyak wisatawan, termasuk wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Candi Prambanan atau Lorojonggrang, merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Kompleks candi Prambanan berjarak 4o km dari Yogykarta dan sekitar 19 km dari Borobudur. Konstruksi intensif di Prambanan tampaknya telah dimulai oleh Rakai Pikatan (yang memiliki istri Buddhis) sekitar 850 M. Dia membangun kuil utama. Kuil utama memiliki tembok yang memisahkannya dari kuil-kuil lain, dan sungai terdekat dialihkan untuk melewatinya.




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]Pusat-pusat kompleks di candi Siwa-Utama dan lima belas tambahan, candi yang sedikit lebih kecil, termasuk candi yang didedikasikan untuk Wisnu dan Brahma. Di luar tembok yang memisahkan alun-alun tengah ada 224 candi kecil yang disusun dalam empat baris. Semakin jauh candi dari pusat, semakin kecil tingginya. Dinding kedua mengelilingi kuil-kuil kecil ini. Kompleks ini telah menjadi situs favorit minoritas Hindu di Jawa, serta pulau-pulau Indonesia lainnya.[/bg_collapse]




Objek wisata Candi Borobudur mengenakan harga tiket masuk per orang Rp 50.000 / orang (WNI)





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Sumber: encyclopedia2.thefreedictionary.com





Jalan Malioboro





Jalan malioboro dini hari
Malioboro dini hari .
Sumber Twitter @mysdff




Urutan tujuan wisata jogja hits & populer berikutnya adalah Malioboro. Wisata Jogja satu ini lebih cocok dinikmati sebagai wisata jogja malam hari. Jalan Malioboro adalah jalan perbelanjaan utama di Yogyakarta, Indonesia. Nama ini juga digunakan lebih umum untuk lingkungan di sekitar jalan. Terletak sumbu utara-selatan di garis antara Yogyakarta Kraton dan Gunung Merapi. Jalan Malioboro sangat penting bagi banyak penduduk lokal. Salah satunya sebagai penunjuk arah utara-selatan antara istana dan gunung berapi.




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" icon="arrow" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]


Jalan Malioboro adalah pusat wisata terbesar di Yogyakarta yang dikelilingi oleh banyak hotel, restoran, dan toko-toko di dekatnya. Trotoar di kedua sisi jalan ramai dengan kios-kios kecil yang menjual berbagai barang. Di malam hari beberapa restoran sisi jalan terbuka, yang disebut lesehan, beroperasi di sepanjang jalan. Ini adalah jalan para seniman. Musisi jalanan, pelukis, dan seniman lain memamerkan kreasi mereka di jalan ini.


Jalan itu selama bertahun-tahun dua arah, tetapi pada 1980-an hanya menjadi satu arah, dari jalur kereta api (di mana ia mulai) ke selatan - ke pasar Beringharjo, di mana ia berakhir. Hotel terbesar, zaman Belanda dan tertua, Hotel Garuda, terletak di ujung utara jalan, di sisi timur berbatasan dengan jalur kereta api.


Jalan Malioboro tidak mencapai dinding atau pekarangan istana Yogyakarta, karena Malioboro berhenti di pasar Beringharjo yang sangat besar (di sisi timur juga). Dari titik ini jalan berganti nama menjadi Jalan Ahmad Yani (Jalan Ahmad Yani), Rumah Gubernur di sisi barat, dan Benteng Vredeburg Belanda yang lama di sisi timur.


[/bg_collapse]




Sumber: encyclopedia2.thefreedictionary.com





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Taman sari





Taman Sari Jogja
Taman Sari




Urutan tujuan wisata jogja terhits & populer berikutnya adalah Taman Sari. Objek wisata jogja satu ini bisa dibilang sebagai wisata jogja murah dan sebagai wisata jogja yang wajib dikunjungi. Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kebun ini dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden" ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" icon="arrow" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]


Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.


[/bg_collapse]


Tiket Wisatawan lokal Rp 5.000, Kamera Rp 2.000, Mobil Rp 5.000.




Sumber Wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Pantai Indrayanti





Pantai Indrayanti.
Pantai Indrayanti. Gambar: Twitter @difa_wisata




Urutan tujuan wisata jogja terhits & populer berikutnya Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) atau disingkat dengan Pantai Pulsa. Pantai ini adalah salah satu pantai yang menarik dan eksotis berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Indrayanti, Kabupaten Gunungkidul terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Pantai Indarayati menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang menguras kantong bila berkunjung ke objek wisata jogja murah dan bisa jadi objek wisata baru yang wajib dikunjungi.





Sumber: wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Pantai Parangtritis





Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis. Gambar twitter @AhmadGerard9




Urutan tujuan wisata jogja terhits & populer berikutnya Pantai Parangtritis. Pantai Parantritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.
Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda dan kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling. Dengan biaya masuk yang terjangkau, bisa jadi termasuk salah satu tujuan wisata Jogja yang wajib dikunjungi.
Sumber: wikipedia





Harga tiket masuk untuk wisata Parangtritis sbb:





Tiket Masuk Rp5.000
Parkir Motor Rp2.000
Parkir Mobil Rp3.000





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Tugu Jogja





 Tugu Jogja.
Tugu Jogja. Gambar Twitter @BalkonJogja




Urutan tujuan wisata jogja terhits populer berikutnya Tugu Yogyakarta adalah sebuah tugu atau monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Yogyakarta. Termasuk salah satu tujuan wisata Jogja malam hari dan mungkin salah satu wisata jogja yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke kota Jogja. Tugu ini dibangun oleh pemerintah Belanda setelah tugu sebelumnya runtuh akibat gempa yang terjadi waktu itu. Tugu sebelumnya yang bernama Tugu Golong-Gilig dibangun oleh Hamengkubuwana I, pendiri kraton Yogyakarta. Tugu yang terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo ini, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Pada saat melakukan meditasi, konon Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak gunung Merapi.





Sumber wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Goa Pindul





Goa Pindul
Goa Pindul
Gambar twitter @Haluan_




Wisata Jogja Goa Pindul
Wisata goa pindul



Urutan tujuan wisata jogja terhits dan populer berikutnya Gua Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Pindul dikenal karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing.


[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua, di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini. Panjang gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter. Penelusuran gua Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Obyek wisata Gua Pindul diresmikan pada 10 Oktober 2010. Bila sedang berwisata di area Gunungkidul Jogja, tempat wisata goa pindul bisa jadi alternatif pilihan wisata. Objek wisata goa pindul bertempat di gunungkidul jogjakarta. Wisata goa pindul merupakan wisata alam yang penuh dengan sensasi. Penyusuran goa pindul sebaiknya didampingi pemandu. pemandu pemandu profesional akan menceritakan berbagai mitos mitos yang ada didalam goa pindul selama menyusuri sungai bawah tanah.[/bg_collapse]




Harga tiket masuk
Wisatawan domestik per orang Rp10.000
Wisatawan asing per orang Rp50.000





PAKET
Caving Goa Pindul Per orang Rp35.000
Rafting Tubing Sungai Oyo Per orang Rp45.000
Susur Goa Sriti Per orang Rp30.000
Susur Goa Getaltik Per orang Rp30.000
Susur Goa Asri Per orang Rp20.000
Susur Goa Emas Per orang Rp25.000





Sumber wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Kraton Jogja





Kraton Jogjakarta
Kraton Jogjakarta
Sumber Wikipedia




Urutan tujuan wisata jogja terhits dan populer berikutnya Obyek wisata Jogja satu ini wajib dikunjungi saat berwisata di Jogja. Istana atau Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dirancang sendiri oleh Sultan Hamengkubuwana I saat mendirikan Kasultanan. Keahliannya dalam bidang arsitektur antara lain dihargai oleh Dr. Pigeund dan Dr. Adam, yaitu para peneliti berkebangsaan Belanda. Bagian-bagian keraton adalah




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" icon="arrow" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]



  • Kompleks Alun-alun Lor yang terdiri dari sub kompleks: Gladhak-Pangurakan, Alun-alun Lor, Masjid Ageng, dan Pagelaran;

  • Kompleks Siti Hinggil Lor;

  • Kompleks Kamandhungan Lor;

  • Kompleks Sri Manganti;

  • Kompleks Kedhaton yang terdiri dari sub kompleks: Pelataran Kedhaton, Kasatriyan, Kaputren, dan Karaton Kilen;

  • Kompleks Kamagangan;

  • Kompleks Kamandhungan Kidul;

  • Kompleks Siti Hinggil Kidul; dan

  • Kompleks Alun-alun Kidul dan Plengkung Nirbaya.
    Keraton Yogyakarta Ngayogyakarta Hadiningrat selain merupakan kediaman resmi Sultan, saat ini juga berfungsi sebagai salah satu cagar budaya masyarakat Jawa. Sebagai pusat budaya, keraton sering melaksanakan kegiatan-kegiatan budaya dan merupakan salah satu tujuan pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, yang sering didatangi para wisatawan dalam dan luar negeri.


[/bg_collapse]




Sumber wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Puncak Becici





Puncak Becici
Puncak Becici
Sumber Twitter @BlusukanBantul




Urutan tujuan wisata jogja terhits dan populer berikutnya Harga masuk objek Wisata jogja ini murah dan terjangkau. Puncak Pinus Becici atau Puncak Becici merupakan objek wisata yang berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pemandangan di kawasan ini sangat indah dengan hamparan perbukitan yang banyak di tumbuhi pohon pinus serta dapat melihat pesona Kota Yogyakarta dari ketinggian dengan gardu pandang. Dari bagian utara dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan serta dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro.




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" icon="arrow" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]Fasilitas
Di Puncak Becici tersedia lahan parkir yang luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Di kawasan ini pengunjung dapat melihat pemandangan dengan gardu pandang untuk pengunjung yang takut dengan ketinggian dapat duduk di gazebo yang sudah disediakan. Ada juga kursi-kursi panjang untuk duduk dan beristirahat terdapat pula fasilitas lainnya yaitu, mushola, toilet, tempat untuk camping, dan outbond. [/bg_collapse]




Tiket Rp3.000
Parkir Motor Rp2.000
Parkir Mobil Rp5.000





Sumber wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Ratu Boko





Ratu Boko
Ratu Boko
Sumber Twitter @BikinLaparMata




Urutan tujuan wisata jogja terhits dan populer berikutnya Situs Ratu Baka atau Candi Boko adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Situs Ratu Boko terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha.




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" icon="arrow" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]


Situs ini menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs permukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja). Pendapat ini berdasarkan pada kenyataan bahwa kompleks ini bukan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sisa-sisa permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi situs ini.


Nama "Ratu Boko" berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Boko (bahasa Jawa, arti harafiah: "raja bangau") adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat Loro Jonggrang.


[/bg_collapse]


Tiket masuk Rp. 25.000 untuk dewasa, Rp. 10.000 untuk anak anak.
Tiket parkir mobil Rp 10.000




Sumber wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Gembira Loka





Gembira Loka
Gembira Loka
Sumber twitter @GLZooJogja




Urutan tujuan wisata jogja terhits dan populer berikutnya Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta. Gembira Loka Zoo sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta tahun 2006. Tetapi, setelah direnovasi Kebun Binatang Gembira Loka tetap dicari para wisatawan.





Tiket Masuk Weekday (Senin – Jumat) Rp25.000
Tiket Masuk Weekend (Sabtu – Minggu & Hari Libur) Rp35.000





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Pasar Beringharjo





Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo
Twitter @Harian_Jogja




Urutan tujuan wisata jogja terhits dan populer berikutnya Setelah puas mengunjungi tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi, berikutnya adalah memburu oleh-oleh. Pasar Beringharjo bisa jadi tempat yang cocok.





Pasar Beringharjo adalah pasar tertua dengan nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan Kraton Yogyakarta.Beringharjo memiliki makna harafiah hutan pohon beringin yang diharapkan memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta. Pasar Beringharjo terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16, Yogyakarta. Ada banyak jenis barang yang dapat dibeli di Pasar Beringharjo, mulai dari batik, jajanan pasar, uang kuno, pakaian anak dan dewasa, makanan cepat saji, bahan dasar jamu tradisional, sembako hingga barang antik.
Wilayah Pasar Beringharjo pada awalnya adalah hutan beringin. Tidak lama setelah berdirinya Kraton Yogyakarta pada tahun 1758, wilayah pasar ini dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya.




[bg_collapse view="link" color="#4a4949" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]


Ratusan tahun kemudian pada tanggal 24 Maret tahun 1925, Keraton Yogyakarta menugaskan Nederlansch Indisch Beton Maatschappij (Perusahaan Beton Hindia Belanda) untuk membangun los-los pasar. Pada akhir Agustus 1925, 11 kios telah terselesaikan dan yang lainnya menyusul secara bertahap.
Nama Beringharjo diberikan setelah bertahtanya Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tanggal 24 Maret tahun 1925. Sri Sultan Hamngku Buwono VIII memerintahkan agar semua instansi di bawah naungan Kesultanan Yogyakarta menggunakan Bahasa Jawa. Nama Beringharjo dipilih karena memiliki arti wilayah yang semula hutan beringin (bering) yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo). Nama Beringharjo sendiri dinilai tepat karena lokasi pasar merupakan bekas hutan beringin dan pohon beringin merupakan lambang kebesaran dan pengayoman bagi banyak orang.


Pasar Beringharjo memiliki nilai historis dan filosofis dengan Kraton Yogyakarta karena telah melewati tiga fase, yakni masa kerajaan, penjajahan, dan kemerdekaan. Pembangunan Pasar Beringharjo merupakan salah satu bagian dari rancang bangun pola tata kota Kesultanan Yogyakarta yang disebut Catur Tunggal. Pola tata kota ini mencakup empat hal yakni keraton sebagai pusat pemerintahan, alun-alun sebagai ruang publik, masjid sebagai tempat ibadah, dan pasar sebagai pusat transaksi ekonomi.


[/bg_collapse]




Sumber wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Hutan Pinus Pengger





Hutan Pinus Pengger
Hutan Pinus Pengger
Twitter @shinkipeia




Urutan tujuan wisata jogja terhits dan populer berikutnya Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini masih dirasa asing karena baru dibuka secara resmi pada tanggal 7 April 2016. Hutan Pinus Pengger mudah dijangkau karena terletak dipinggir jalan Pathuk Dlingo Km 4,5




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" icon="arrow" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]


Saat mengunjungi Hutan Pinus Pengger, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas alam yang menyenangkan. Salah satunya adalah melihat keindahan alam Jogja dari ketinggian. Jika Anda ingin melihat pemandangan Jogja pada malam hari dan pagi hari, Anda bisa camping disini dengan harga tiket masuk yang murah. Dengan keasrian hutan dan hawa dingin yang semilir menjadikan suasana camping mu menjadi lebih menyenangkan.


Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa spot selfie yang sudah disediakan. Diantaranya ada spot foto sarang burung, rumah pohon, tangga cinta, dan jembatan pohon. Ada satu spot foto yang paling diminati pengunjung terutama pada malam hari yaitu spot sarang burung raksasa yang apabila difoto pada malam hari akan terlihat kerlap kerlip pemandangan lampu kota Jogja.
[/bg_collapse]


Tiket masuk Rp 2.500 / orang, mobil Rp 5.000




Sumber wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Benteng Vredeburg





Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg
Twitter @HistoriDunia2




Urutan tujuan wisata jogja populer berikutnya Benteng Vredeburg. Di tahun 1992 secara resmi Benteng Vredeburg berubah nama menjadi Museum Khusus Perjuangan Nasional dengan nama Museum Benteng Yogyakarta. Koleksi Unggulan Museum Benteng Vredeburg




[bg_collapse view="button-orange" color="#4a4949" icon="arrow" expand_text="Show More" collapse_text="Show Less" ]



  • Diorama pelantikan Soedirman sebagai Panglima Besar TNI, diorama ini memperlihatkan situasi pelantikan Soedirman menjadi Panglima Besar TNI oleh Presiden Soekarno di Gedung Agung, Yogyakarta, Indonesia.

  • Minirama Kongres Boedi Oetomo, minirama ini berlatar tempat di Kweekschool Yogyakarta yang sekarang menjadi SMA 11 di Jalan A. M. Sangaji. Organisasi Boedi Oetomo menggelar kongres di tempat tersebut pada tahun 1908.

  • Mesin Ketik Surjopranoto, Surjopranoto adalah pemimpin aksi mogok kerja buruh pabrik gula di Yogyakarta. Mesin ketik ini digunakan untuk menulis ujaran yang mengobarkan semangat pemogokan tersebut.

  • Kendil, tiga buah kendil ini konon ceritanya pernah digunakan oleh Soedirman ketika tinggal di rumah Ibu Mertoprawira.

  • Dokumen Soetomo, berisi daftar alamat kantor kementerian ketika Yogyakarta menjadi ibu kota Republik Indonesia.

  • Bangku militer akademi, bangu sekolah ini dahulu dipakai oleh para siswa MA (militer Akademi) pada tahun 1945-1950. Gedung sekolah ini sekarang menjadi SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.


[/bg_collapse]




Sumber wikipedia





Kembali ke daftar lengkap objek wisata Jogja terhits dan populer





Jadi, kemana tujuan wisata Jogja anda. Komentar di sini yaa.


No comments:

Post a Comment

Wow Banten lama sekarang beda

Banten Lama adalah suatu kawasan situs yang merupakan sisa-sisa kejayaan dari Kerajaan Banten. Lokasinya berada di Serang dan dapat ditempuh...